Apa Perbedaan antara IPv4 dengan IPv6

Bandung, Students TEL-U – Sebagai mahasiswa Universitas Telkom yang memilih fokus pada bidang ICT (Information, Communication, and Technology) minimal kita harus tahu tentang teknologi jaringan. Salah satu tentang teknologi jaringan adalah IP (Internet Protocol) salah satu protokol atau mekanisme dalam memberikan alamat terhadap sebuah end device. Komputer  anda memiliki dua versi IP address yaitu IPv4 dan IPv6. Apa saja perbedaan antara IPv4 dengan  IPv6?

Jika anda sedang menggunakan internet atau paling tidak memanfaatkan jaringan computer, kemungkinan besar anda menggunakan paket IPv4  menggunakan protokol sepanjang 32 bit, sedangkan IPv6 menggunakan protokol sepanjang 128 bit. Untuk pertama kita harus mengetahui apa itu IP. Dikutip dari temukanpengertian.com – Pengertian IP (Internet Protocol) itu sendiri adalah merupakan standar komunikasi  data yang digunakan untuk dalam proses tukar menukar data dari satu komputer ke computer lain dengan  jaringan internet.

Apa itu IPv4?

IPv4 (Internet protocol version 4 ) adalah jumlah alamat yang menggunakan 32 bit, biasanya dalam penulisan menggunakan bilangan desimal. Jumlah dari alamat IPv4 hanya memiliki 4 miliar alamat IP saja, sehingga semakin maju pertumbuhan internet di dunia dan semakin banyak Smartphone maka IPv4 akan habis karena setiap perangkat yang ingin menggunakan internet harus membuthkaPerbedaan IPv4 dan IPv6n alamat IP.

Apa itu IPv6?

IPv6 (Internet Protocol version 6 ) adalah jumah alamat yang digunakan 128 bit, biasanya dalam penulisan meenggunakan bilangan heksadesimal. IPv6 biasa disebut “Next Generation” dari IPv4,  IPv6 dirancang sebagai penerus dari IPv4 karena jumlah alamat unik-nya dan memiliki kombinasi alamat sebanyak 2^64^6 untuk host komputer di seluruh dunia, cukup untuk memberikan setiap orang di dunia ini dengan sebuah alamat IP yang unik oleh sebab itu sekarang di Indonesia menggunakan E-KTP.jadi bisa diibaratkan IPv4 itu satu jengkal tangan sedangkan IPv6 bisa untuk memutari Bumi ini.

Seiring berjalannya waktu perangkat keluaran baru yang mengguanakan jaringan akan mulai menyediakan fitur untuk IPv6. Agar perangkat lama dan baru tetap bisa saling berhubungan maka perubahan teknologi ini perlu dilakukan secara bertahap karena memang terdapat perbedaaan antara IPv4 dengan IPv6

 

http://www.broari.com/2016/03/perbedaan-ipv4-dan-ipv6.html

Leave a comment